MORAL guRU


Moral Guru
OLEH : NURUL AINI
Ada yang berdalih bahwa hal itu dilakukan para guru semata-mata karena rasa sayang dan ketakutan jika melihat siswa yang dididiknya gagal untuk lulus. Apakah memang demikian? Alasan itu bukanlah bentuk suatu kasih sayang melainkan penjerumusan.

Tentunya, masih melekat dalam ingatan kita, kasus kekerasan yang dilakukan oknum guru terhadap siswa. Tidak sedikit juga berita tentang
pencabulan guru terhadap anak didiknya. Hal tersebut semakin menambah daftar hitam moral guru . Jika memang demikian, apakah pantas kita menghujat bahwa guru yang berbuat demikan tidak memiliki cukup moral sebagai seorang pendidik?

Pemerintah juga menyangsikan moral guru. Hal ini terlihat dari soal-soal
Unas yang tidak didistribusikan lagsung kepada pihak sekolah. Dari
pemerintah pusat, soal-soal itu didistribusikan ke markas-markas
kepolisian wilayah (Polwil) kemudian baru diserahkan kepada sekolah. Dinas P dan K Jatim mengerahkan 1300 personel polisi untuk mengamankan proses distribusi tersebut agar tidak terjadi kebocoran.
Ketakutan yang dialami guru menjelang Unas adalah kewajaran.

Tanggung jawab yang dipikulnya sangatlah berat. Di negara kita, keberhasilan pendidikan diukur dari kelulusan seorang siswa pada Unas. Bisa dibayangkan bagaimana perasaan guru ketika melihat anak didiknya tidak lulus? Tentunya akan timbul pertanyaan apakah guru itu kurang maksimal mempersiapkan kematangan siswanya dalam mengahadapi Unas?

Menjadi guru memang berat, dan itulah tantangannya. Memberi bocoran kepada siswa bahkan sampai mencuri soal-soal yang disegel, bukan cara yang benar menunjukkan kasih sayang kepada murid. Sesuai dengan ungkapan yang sering kita dengar, guru itu digugu lan ditiru, didengarkan perkataanya dan dicontoh perilakunya khususnya oleh murid-muridnya. Jika moral gurunya seperti itu, bagaimana mereka mendidik moral muridnya?
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "MORAL guRU"

Free Website templateswww.seodesign.usFree Flash TemplatesRiad In FezFree joomla templatesAgence Web MarocMusic Videos OnlineFree Wordpress Themeswww.freethemes4all.comFree Blog TemplatesLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesSoccer Videos OnlineFree Wordpress ThemesFree CSS Templates Dreamweaver